Jumat, 14 Desember 2012

Membuat Game - Menambahkan audio pada game - part 4

Mari kita menambahkan audio background dan audio saat jawaban benar serta saat jawaban salah. Super simple and really easy!!
Pada tiga part sebelumnya kita telah membuat Visual Midlet, GameBuilder dan Java Class untuk membuat game kita bisa dijalankan. Nah, sekarang saatnya untuk menambahkan audio supaya game kita lebih hidup. Untuk audio sendiri, anda bisa menggunakan format wav maupun format midi. Tetapi di sini saya akan menggunakan format midi (.mid) karena format ini ukuranya sangat kecil.


Untuk audio dalam format .mid ini bisa kita buat sendiri bila kita mempunyai audio editor seperti Nuendo dan Cubase yang juga kita sertakan dalam tutorial di situs ini.
Nah, di sini kita akan membuat audio untuk background, juga membuat audio saat bola dimasukan dengan benar ke lingkaran sesuai warna, juga membuat audio saat bola salah dimasukkan. Jadi bisa dibilang saat benar maka audio A berbunyi, saat salah audio B berbunyi.
Oke, mari kita mulai.
1. Silahkan anda buat 3 file audio, di screenshot di atas saya membuat soud.mid, oh-no.mid dan good.mid dan semuanya dalam format midi.
2. Buatlah sebuah class baru dalam package kita, tinggal click kanan package – new – Java Class… , berikan nama, di Screenshot di atas saya memberikan nama ‘AudioBackground.java’. Class ini nanti kita gunakan untuk memutar audio.
3. Kemudian ketikkan kode di bawah ini pada AudioBackground.java kita:
AudioBackground.java
Berikut adalah penjelasan kode di atas:
Intinya kita membuat sebuah player dengan menggunakan Object Manager. Manager merupakan sebuah class di dalam javax.microedition.media. Object ini merupakan sebuah access point untuk mendapatkan resources seperti ‘player’ untuk multimedia processing.
Untuk membuat sebuah player dengan Manager, kita dapat menggunakan method createPlayer. Method ini memiliki 2 parameter yaitu input stream dan file type. Nah, karena input pertama adalah input stream, maka kita menuliskan code
Manager.createPlayer(getClass().getResourceAsStream("/"+audio_file), "audio/midi");
Terlihat input stream kita adalah audio_file, dengan file type adalah midi.
4. Setelah kita membuat class untuk memutar file audio, sekarang saatnya menggabungkan dengan Class Game kita.
Perhatikan code berikut ini:
Game.java
Pertama kita harus membuat sebuah variable dari Class Audio yang kita buat tadi,
AudioBackground audio_background;///audio kita
Kemudian di dalam contructor , kita harus memanggil variable kita
audio_background = new AudioBackground();///audio kita
nah, perhatikan code diatas, saat bola dan lingkarang dengan warna yang sama ditumbukkan maka kita akan memutar audio
audio_background.play_audio("good.mid", 1);///audio kita
Perhatikan kembali kode di atas, bila bola dan lingkaran dengan warna yang beda ditumbukan maka kita akan memutar audio lain
audio_background.play_audio("oh-no.mid", 1);///audio kita
Perhatikan kembali pada method start, kita akan memutar background saat game dijalankan,
audio_background.play_audio("sound.mid", -1);///audio kita
5. Done!! Simple dan easy bukan,, setelah anda run maka netbeans akan men-generate file jad dan jar yang bias anda jalankan di hape anda. Happy coding!

comments powered by Disqus